Tuesday, 23 July 2013

Jenis Ikan Sungai

 

 by Gado Gado
 

Beberapa Contoh Jenis Ikan Yang Hidup Di Sungai

 
Indonesia adalah negara bahari yang memiliki kekayaan tak terhingga diperairannya. Selain di laut, sungai yang ada di Indonesia juga memiliki kandungan kekayaan alam yang melimpah. Salah satunya adalah keanekaragaman jenis ikan, bahkan banyak spesies ikan yang hanya bisa ditemui di sungai Indonesia. Disini akan saya bagikan beberapa jenis ikan sungai yang umum terdapat di Indonesia. Untuk membantu sobat mengenali jenis ikan sungai tersebut, saya juga akan menampilkan foto ikan beserta sedikit penjelasan. Semoga bermanfaat bagi sobat :)

Ikan Baung

Ikan yang terkenal lumayan ganas ini merupakan salah satu idola bagi para pemancing sungai karena “tarikan” yang terkenal. Di sungai ikan ini hidup pada perairan berair deras atau daerah yang tidak terlalu deras serta dalam. Ikan ini biasa berada di dasar sungai, serta tinggal di dekat batang – batang kayu di dasar sungai tersebut. Berikut ini foto ikan tersebut :
ikan baung
 

Ikan Baung Tikus

Ikan ini adalah salah satu spesies dari ikan baung atau catfish. Ikan ini cukup unik, karena memiliki bentuk moncong seperti tikus, serta memiliki warna hitam dengan sedikit belang. Ikan ini juga terkenal “selalu tersedia” karena saat banjir pun ikan ini dapat menemukan umpan pemancing, walau kondisi air sedang sangat keruh. Karena beberapa ciri khasnya yang seperti tikus, oleh sebab itu ikan ini dinamai ikan baung tikus. Untuk ikan yang berukuran besar akan berwarna kekuning – kuningan. Warna ini bukan berasal dari warna ikan ini, tetapi berasal dari lendir kuning yang menutupi tubuhnya. Ini dia foto ikan baung tikus :
ikan baung tikus
 

Ikan Geso

Didalam bangsa ikan baung sungai, saya rasa ikan inilah bangsa baung terbesar yang hidup di sungai Indonesia. Berat ikan ini dapat mencapai puluhan kilogram, karena itulah ikan ini menjadi salah satu ikan bergengsi bagi para pemancing. Ikan ini biasa tinggal didasar sungai pada batang – batang kayu yang telah membusuk pada perairan dalam yang tidak terlalu deras. Berikut ini salah satu foto bayi geso yang terkena pancing saya :)
ikan baung geso
 

Ikan Ciling Ciling

Ikan unik satu ini terkenal sebagai salah satu ikan yang paling dicari oleh para pemancing sungai. Buka sebagai target “strike”, tetapi sebagai umpan untuk memancing ikan geso. Ikan yang suka hidup di perairan yang tidak terlalu deras ini memiliki duri di dekat matanya, sehingga jika tidak hati – hati, maka dapat dipastikan tangan akan terluka. Selain itu ikan ini memiliki daya tahan yang tinggi, walau sudah terluka ia dapat hidup selama beberapa jam, dengan syarat masih berada di air :) Ini dia fotonya
ikan ciling ciling
 

Ikan Barau

Ikan ini biasanya berada di dekat permukaan air untuk mencari makan. Mangsa ikan yang satu ini adalah ikan – ikan yang lebih kecil. Ikan yang bertipe pemangsa ini akan mengejar apa saja yang bergerak di permukaan air. Berikut ini adalah foto ikan tersebut.
ikan barau
Sumber gambar dari Google Images
 

Ikan Toman

Salah satu ikan yang juga suka mengejar mangsa di permukaan air adalah ikan Toman. Ikan pemangsa yang terkenal ganas ini juga memangsa binatang yang lebih kecil, yang berada di permukaan air, seperti ikan dan katak. Saking ganasnya, ikan ini juga memiliki mitos suka menyerang manusia. Berikut ini saya bagikan foto ikan toman.
ikan toman
Sumber gambar dari Google Images
 

Ikan Gabus / Haruan

Ikan ini adalah saudara satu spesies dengan ikan toman, oleh karena itu ikan gabus memiliki kemiripan dengan saudaranya ikan toman. Perbedaan antara keduanya terletak pada ukuran tubuh, dimana ikan toman dapat tumbuh hingga memiliki berat puluhan kilogram. Juga terdapat perbedaan pada warnanya. Untuk lebih jelasnya, berikut saya bagikan foto ikan gabus atau haruan.
ikan gabus

Ikan Gurami / Kaloi

Ikan gurami yang terkenal lezat dapat ditemukan juga di sungai. Ikan gurami atau kaloi ini biasanya hidup pada tumpukan sampah – sampah kayu yang mengapung permukaan sungai dimana mereka mencari makanan. Berikut ini saya bagikan foto ikan gurami atau kaloi.
ikan gurami atau kaloi
 

Ikan Kepiyek

Ikan kepiyek atau kapiyek ini selain hidup di danau, juga banyak ditemukan di sungai. Ikan ini adalah tipe ikan yang hidup di permukaan atau melayang di tengah sungai. Ikan yang memiliki banyak duri di dagingnya ini di beberapa tempat sudah mulai sulit untuk ditemukan, diakibat oleh pencemaran air, serta “overfishing”. Berikut ini foto ikan tersebut.
ikan kepiyek atau kapiyek
Sumber gambar dari Google Images
 

Ikan Patin

Ikan ini terkenal sebagai perenang yang kuat serta dapat bergerak cepat dalam arus yang deras. Saat ini ikan patin sudah jarang ditemukan di alam liar, dan lebih banyak dibudidayakan dalam kolam atau keramba apung. Untuk membedakan antara ikan patin alam yang berasal dari sungai dengan ikan patin hasil budidaya sobat bisa lihat warnanya, dimana patin alam berwarna lebih cerah serta memiliki warna kemerah – merahan di siripnya. Selain itu, kandungan lemak ikan patin sungai juga lebih sedikit jika dibandingkan dengan ikan yang berasal dari hasil budidaya. Berikut ini dapat sobat lihat foto ikan patin sungai.
ikan patin
Sumber gambar dari Google Images
 

Ikan Juaro

Ikan ini jika dilihat sepintas sangat mirip dengan ikan patin sungai. Tetapi jika diperhatikan lebih teliti, terdapat perbedaan antara ikan patin dan ikan juaro. Salah satunya adalah bentuk badan, dimana badan ikan juaro lebih tipis. Ikan juaro biasanya hidup ditengah sungai yang beraliran deras, serta sering menyambar ke permukaan air. Untuk fotonya, sobat bisa lihat pada gambar di bawah.
ikan juaro
Foto dari farmaduansa.blogspot.com
 

Ikan Betutu

ikan yang satu ini mendapat julukan sebagai kerapu air tawar karena memang memiliki bentuk dan rasa yang mirip. Nilai ekonomis ikan betutu juga tinggi, sehingga mulai banyak yang membudidayakannya. Di sungai, ikan ini hidup pada perairan dengan arus tenang, serta jarang melakukan pergerakan. Berikut gambar ikan betutu.
ikan betutu
 

Ikan Tilan

Ikan yang terlihat seram ini biasanya hidup di pinggiran sungai dimana banyak tumpukan kayu atau sampah. Walaupun terlihat seram dan aneh, ikan ini memiliki rasa yang enak, setelah dimasak tentunya :) Untuk foto ikan tilan, sobat bisa lihat gambar di bawah ini.
gambar ikan tilan
 

Ikan Selais

Ikan yang dijadikan ikon provinsi Riau ini biasanya hidup bergerombol di sungai, serta memilih tempat tinggal pada bagian dasar sungai dengan arus yang tenang. Ikan selais ini dapat ditemukan pada sungai besar, maupun anak sungai. Untuk gambarnya, sobat dapat lihat pada foto di bawah ini.
 
ikan selais
Sumber gambar dari Google Images
 

Ikan Belida

Ikan yang mirip selais ini merupakan ikan bergengsi karena sudah jarang ditemukan di sungai. Ikan yang memiliki bentuk indah ini memiliki ciri bentuk badan yang tipis dengan warna cerah. Ikan belida juga terkenal kuat, karena bentuk badannya yang tipis ini memungkinkan ia dapat bergerak cepat di air. Oleh sebab itu, bagi pemancing di sungai ikan belida termasuk ikan bergengsi untuk di taklukkan. Dibawah ini dapat sobat lihat gambar ikan belida.
ikan belida
Sumber gambar dari Google Images
 

Ikan Tapah

Ikan yang satu ini merupakan salah satu ikan terbesar yang dapat hidup di sungai. Ikan tapah dapat tumbuh hingga sebesar perahu kecil atau seberat ratusan kilogram. Ikan ini juga memiliki mitos sebagai ikan yang dapat menelan manusia. Untuk mengetahui bagaimanan bentuk ikan ini, sobat bisa lihat pada gambar di bawah ini.
ikan tapah
Koleksi Pribadi
 

Ikan Pantau

Ikan pantau atau seluang ini terkenal suka hidup bergerombol di pinggiran sungai yang arusnya tenang. Mereka akan langsung mengejar bersama – sama jika ada makanan atau sesuatu seperti makanan yang jatuh di permukaan sungai. Walau ukuran tubuhnya terhitung kecil, tetapi ikan pantau ini dapat bergerak dengan sangat cepat. Selain itu rasanya juga enak, apalagi jika di goreng kering :) Berikut dibawah ini gambar untuk ikan pantau.
ikan pantau
Sumber gambar dari Google Images
 

Ikan Kelabau

Ikan yang satu ini memiliki bentuk badan seperti ikan mas. Hal ini dikarenakan ikan kelabau ini masih satu spesies dengan ikan mas. Walau bentuk badannya terlihat besar dan gemuk, ikan ini sangat kuat dan dapat berenang di arus yang deras sekalipun. Berikut ini fotonya.
ikan kelabau
Sumber gambar dari Google Images
 

Udang Galah

Untuk yang terakhir ini memiliki bentuk yang berbeda, serta tidak pernah disebut sebagai ikan. Dia adalah udang galah atau udang sungai. Udang galah ini biasanya hidup di sekitar perairan yang memiliki banyak tempat berlindung, seperti di dekat batang kayu atau sampah. Untuk fotonya, saya mohon maaf, karena saya hanya dapat memberikan foto “bayi” udang galah. Jika sudah dewasa, udang galah akan memiliki warna pada capit serta ekornya. Untuk yang masih kecil, udang galah hanya akan memiliki warna putih krem polos.
udang galah
 
Pemberian nama ikan yang saya berikan mungkin berbeda dengan nama yang biasa sobat tahu. Penamaan ikan yang saya pakai menggunakan bahasa melayu Riau, Sumatra Barat, serta melayu Malaysia. Untuk foto ikan, mungkin sobat akan menemukan bentuk maupun warna yang agak berbeda di daerah sobat, hal ini dapat di pengaruhi oleh jenis perairan itu sendiri. Sekian dulu penjelasan serta gambar jenis ikan sungai, mohon maaf jika saya belum bisa memberikan penjelasan lengkap mengenai jenis ikan sungai. Untuk mengetahui beberapa ikan air tawar yang unik, sobat dapat melihatnya di Jenis Ikan Air Tawar Unik.


Sumber

No comments:

Post a Comment