Monday, 13 April 2015

Cara mancing kakap putih di muara

teknik mancing barramundi
teknik mancing barramundi

Kali ini mancingmania.net akan mencoba memberikan sedikit penjelasan mengenai "Cara mancing kakap putih di muara" yang dapat anda jadikan masukan dan bahan referensi untuk memancing anda.
Mengingat perkembangan internet di Indonesia semakin bagus, banyak para pemancing menggunakan teknologi internet sebagai sarana untuk mencari informasi cara memancing, cara membuat umpan yang jitu, tehnik memancing, harga alat pancing (joran, reel, popper, minnow, bait casting, senar), tempat dan spot memancing yang banyak ikannya. Oleh karena itu, mancingmania.net mencoba memberikan beberapa tutorial dan artikel bagi para pemancing untuk memudahkan pencarian.
Pada artikel yang akan di bahas mancingmania.net terkait judul "Cara mancing kakap putih di muara", mungkin bagi sebagian pemancing kurang lengkap dan kurang jelas. Anda dapat mencari informasi yang di inginkan dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian yang sudah tersedia.
Baca artikel : Cara mancing kakap putih di muara

teknik mancing barramundi
Teknik mancing kakap putih di muara dan laut –  Untuk mendapatkan ikan kakap putih atau biasa di sebut barramundi cukup di bilang susah. Mengapa demikian? karena kakap putih termasuk ikan yang gesit dan cerdik. Oleh sebab itu, dibutuhkan umpan dan teknik yang tepat untuk mancing kakap putih ini
Untuk memancing ikan kakap putih pertama kita harus mengetahui dimana sarang / tempat dimana kakap putih barramundi banyak dijumpai
Ciri -ciri tempat atau sarang barramundi :
  • Guguran bebatuan.
  • Pohon rubuh atau tumbang.
  • Patok -patok bambu dan wadas / palung di dasar sungai / muara
  • Kedalaman minimal 1,5 meter up
Tehnik dasar mancing kakap putih atau barramundi :

  • Teknik koncer atau ngoncer : Dengan di koncer tehnik ini mudah dilakukan karena umpan tinggal di lemparkan saja dan joran di tancapkan di pinggir tanggul, tinggal menunggu ikan memakan umpan.
    • Rangkaian mancing koncer : Rangkaian pancing tunggal . kail di ikat di leader / gembes 60 lbs – 100 lbs. panjang leader 30 cm – 50 cm . Bisa jg leader di ikatkan ke kili-kili . Tehnik ngoncer sering juga dilakukan dengan aktif joran selalu di pegang dan kenur di tarik ulur perlahan-lahan agar udang putih hidup selalu aktif berenang menyelam . Dan ikan terangsang untuk memakan umpan. Hanya memang tehnik ini dilakukan dengan latihan rutin agar bs merasakan gerakan larinya udang / umpan hidup tsb , dan dg insting yg kuat . Biasanya tehnik ngoncer kail dikaitkan di ekor udang putih hidup.Saat umpan di makan ikan maka hrs ada efect back drop ( mengulur kenur 3- 5 meter ) baru joran di sentakkan saat kenur sdh menegang . Sehingga saat joran di tancapkan di tanggul kenur harus di jepit di karet di dekat gagang joran dan kenur di beri spare agar terulur 3- 5 meter.
  • Tehnik ngelicir atau gantung : Tehnik ini biasanya joran selalu aktif di pegang sambil kenur di mainkan pelan2 . Kecuali sekali2 joran bs saja di letakkan pasif dan umpan tetap tergantung minimal 60 % kedalaman air. Tehnik ini lebih efectif bila memancing di spot bebatuan atau rumpon atau patok bambu / rumpon pohon tumbang dan terjangkau joran jaraknya. Kail di ikatkan / di kaitkan di tanduk kepala umpan udang putih hidup ( bisa di ikat dengan benang ) . Saat umpan dimakan ikan maka joran hanya di turunkan 30 cm ke bawah dan langsung di sentakkan ( agar ikan tdk masuk ke rumpon ) . biasanya tehnik ini kail akan menancap di mulut ikan tdk smpai tertelan masuk ke perut ikan.
  • Teknik mancing umbul atau pelampung : Untuk memancing kakap putih atau barramundi adalah dengan cara memakai umbul / pelampung ( bs di buat dari gabus / stryrofoam dllnya ) . Tehnik pakai pelampung biasa di lakukan di spot rumpon 2 yg tdk terjangkau joran. Cara pemasangan umpan dan cara menyentak joran sama dengan tehnik ngelicir / gantung . hanya tehnik ini lebih bs di lihat mata saat umpan dimakan ikan , pelampung akan langsung tersentak masuk kedalam air. Jadi dibutuhkan konsentrasi yg ektra untuk melihat pelampung dan reflek menyentakkan joran. Tehnik lainnya adalah dengan cara jegger / tenggar . biasanya tehnik ini pakai umpan hidup berupa ikan hidup ( anak belanak ukuran 5 – 10 cm , ikan gabus , mujair , anak bandeng , boso dllnya ) . Tehnik ini biasa dilakukan pada malam hari. umpan di gantung 15 – 30 cm dalam nya dari permukaan air . di atas leader di beri timah bolong yg cukup besar . Umpan di tempatkan di pinggir bebatuan atau rumpon atau tepi sungai . Joran di tancapkan yg kuat di tepi sungai dan kenur di jepit di gagang joran dg diberi spare uluran 5 – 8 meter.
Untuk tutorial cara memancing barramundi atau kakap putih di atas hanya refernsi penulis yang di dapat dari internet. Untuk mendapatkan kakap putih dengan target besar, pengalaman dan kemujuran anda juga cukup berpengaruh.

Credit:Sumber

No comments:

Post a Comment