Tuesday, 20 May 2014

Jenis Ikan Air Tawar Unik

Bagi para penghobi olahraga memancing, khususnya yang suka memancing ikan disungai sekarang adalah saatnya memulai musim memancing ikan. Musim hujan yang membawa banjir telah lewat, mulailah musim kemarau yang kering dimana air sungai yang sebelumnya memiliki volume besar telah berangsur-angsur mengecil dan surut. Saat inilah ikan-ikan yang sebelumnya terpencar karena banjir mulai berkumpul lagi.
Kali ini saya bukan membahas tentang memancing, melainkan ikan yang dapat ditemukan saat memancing. Sesuai dengan judul diatas, saya akan memberikan informasi berbagai jenis ikan air tawar yang unik yang dapat sobat temukan di sungai maupun pwrairan rawa. Apa saja ikan – ikan yang terhitung unik tersebut? Berikut saya coba bagikan kepada sobat sekalian, mohon maaf  jika ada beberapa nama yang berbeda. Saya menggunakan penamaan ikannya sesuai wilayah domisili saya (Riau), dimana penamaan beberapa ikan ada yang mengikuti bahasa Melayu Riau dan Melayu Malaysia.
  • Ikan Tilan, Ikan ini biasa hidup di bagian sungai besar pada bagian yang berair tenang. Ikan ini bersarang pada sampah – sampah kayu yang ada di air dan biasanya berdiam di dasar air. Bentuk badannya panjang dengan loreng – loreng gelap di sepanjang badannya serta memiliki duri di atas punggungnya serta di dekat kedua matanya, jadi waspadalah saat memegangnya. Untuk ukurannya, yang saya ketahui ikan ini dapat mencapai panjang 2 meter (yang pernah saya lihat). Untuk fotonya, berikut saya bagikan foto ikan ini.
    gambar ikan tilan

  • Ikan Ciling Ciling, ikan ciling – ciling ini hampir mirip dengan ikan tilan, perbedaannya ikan ini berukuran lebih kecil serta lebih pendek. Warna badan ikan ini hijau cerah, serta memiliki ketahanan tubuh yang kuat. Oleh karena itu ikan ini juga menjadi target favorit para pemancing ikan besar, yaitu sebagai umpan hidup. Pada bagian di dekat mata ikan ini juga ditemui sebuah duri tajam sama seperti ikan tilan. ikan ciling ciling
  • Ikan Betutu, ikan betutu atau kadang disebut juga ikan kerapu air tawar adalah salah satu ikan yang memiliki nilai ekonomis tinggi di pasaran. Ikan ini biasanya di ekspor ke negeri tetangga.  Di alam liar ikan ini dapat ditemukan pada perairan sungai  yang tenang serta tidak terlalu dalam. Di daerah saya ikan ini biasa juga disebut ikan bodoh, alasannya karena ikan ini lebih suka diam serta tidak banyak bergerak. Bahkan saat terpancing ikan ini tidak banyak berontak sehingga mudah untuk ditangkap.
ikan betutu
Ikan Juaro, sepintas ikan ini mirip dengan ikan patin, tetapi jika diperhatikan dengan seksama akan terlihat perbedaan pada bentuk badan dan warnanya. Ikan juaro memiliki bentuk badan yang lebih ramping dengan warna putih cerah yang lebih berkilau dibandingkan dengan ikan patin. Dibeberapa tempat ikan ini disebut juga dengan nama ikan patin karena kemiripannya tersebut. Salah satu keunikan ikan ini adalah jika bagian ekornya dipotong maka akan tercium bau busuk seperti kotoran, maka untuk memasaknya bagian sirip ekor ikan ini tidak boleh dipotong.
ikan juaro
Foto dari farmaduansa.blogspot.com
Ikan Tapah. Menurut saya, ikan yang dapat tumbuh dengan ukuran tubuh paling besar di sungai adalah ikan tapah. Ikan ini dapat berukuran hingga lebih dari 3 meter. Oleh karena itu ikan ini termasuk tangkapan elit bagi para pemancing. Untuk saat ini, ikan tersebut sudah terkategori sebagai hewan langka dibeberapa tempat karena sulit untuk ditemukan. Hal ini dikarenakan kondisi perairan yang telah banyak tercemar serta penangkapan dengan cara salah seperti menggunakan racun. Sebagai bukti betapa besarnya ukuran ini, berikut ada salah satu foto yang saya ambil dari website kaskus, bandingkan ukuran ikan dan orang yang berfoto bersamanya.
ikan tapah
Sumber foto kaskus.co.id
  • Ikan Limbat Akar. Ikan limbat akar atau ikan lele akar, sebangsa dengan ikan lele yang biasa kita temui. Perbedaan yang membuat ikan ini unik dan beda dari lele lainnya adalah bentuk tubuhnya yang panjang dengan bentuk seperti lele biasa. Ikan ini biasanya hidup di perairan rawa pada parit – parit pengairan. Limbat akar ini biasanya membuat sarang di dekat akar tunggul atau pohon kayu yang telah mati dan berada di dalam air. Dari bentuk tubuh dan lokasi sarangnya inilah ikan ini mendapat nama limbat atau lele akar.
    ikan limbat akar
    Sumber gambar : commons.wikimedia.org
Sepertinya hanya ini dulu yang bisa saya berikan. Halaman ini akan saya update terus untuk menambahkan jenis – jenis ikan air tawar unik lainnya. Jika sobat ada ide, silakan berikan komentar. Untuk jenis ikan yang umum dapat ditemukan di sungai, sobat dapat menemukannya di halaman Jenis Ikan Sungai.


Sumber

2 comments:

  1. artikel dan blog nya keren
    sauya senag berkunjung ke blog anda
    terimakasih atas info nya

    ReplyDelete
  2. ijin nyimak gan info yang bermanfaatnya
    di tunggu update selanjutnya
    thanks

    ReplyDelete