Thursday 19 March 2015

Mencari Daerah Penangkapan Ikan (Fishing Ground)

Pengertian Daerah Penangkapan Ikan
Menurut (Alam Ikan 1) Daerah Penangkapan Ikan merupakan suatu perairan dimana ikan yang menjadi sasaran penangkapan diharapkan dapat tertangkapsecara maksimal, tetapi masih dalam batas kelestarian sumberdayanya.
Sedangkan daerah penangkapan ikan atau sering disebut juga dengan fishing ground adalah suatu daerah perairan yang cocok untuk penangkapan ikan dimana alat tangkap dapat kita operasikan secara maksimum, tetapi masih dalam batas kelestarian sumberdaya. 
Adapun persyaratan daerah penangkapan ikan menurut yaitu: 
  1. Terdapat ikan yang berlimpah jumlahnya;
  2. Alat tangkap dapat dioperasikan dengan mudah yaitu Memungkinkan melakukan operasi penangkapan secara aman dari benda-benda pengganggu (tonggak bagan, bangkai kapal tenggelam) tidak terlalu jauh dari operasi penangkapan sehingga dicapai penghematan atau efisiensi dalam penggunaan bahan bakar;
  3. Secara ekonomis daerah sangat berharga atau kondisi dan posisi daerah perlu diperhitungkan yaitu daerah cukup luas memungkinkan suatu kelompok ikan tinggal (menetap) secara utuh dalam waktu cukup lama; dan
  4. Faktor lingkungan (kadar garam/salinitas, suhu perairan) sesuai dengan yang disenangi ikan yang menjadi sasaran penangkapan, cukup tersedia makanan bagi semua anggota kelompok ikan, baik yang masih kecil maupun yang sudah dewasa.

Menurut (Alam Ikan 2), saat di lapangan untuk mendapatkan suatu daerah penangkapan dari suatu jenis ikan bukanlah hal yang mudah tanpa alat bantu, karena :
  1. Luas wilayah lautan kita cukup besar, mencakup kurang lebih ⅔ dari seluruh wilayah nusantara.
  2. Belum tebiasanya nelayan kita menggunakan data oceanografi untuk mencari daerah penangkapan ikan.
  3. Terbatasnya peraltan yang dimiliki oleh suatu unit kapal tangkap yang dipergunakan diperairan kita oleh nelayan.
Menurut (Alam Ikan 2), alat bantu yang dapat membantu nelayan kita dalam mencari daerah penangkapan ikan dikelompokkan menjadi dua, yaitu : 
1. Alat bantu yang berasal dari alam
Yang dimaksud dengan alat bantu yang berasal dari alam alat bantu untuk mencari daerah penangkapan suatu jenis ikan yang berasal dari alam. Alat bantu itu sendiri terbagi menjadi empat, yaitu :
  • Adanya burung-burung laut yang menukik dan menyambar ke permukaan laut.
  • Adanya gerakan beberapa ikan lumba-lumba.
  • Adanya buih-buih atau riakkan air di permukaan perairan
  • Adanya cahaya spesifik yang dikeluarkan oleh suatu jenis ikan.
2. Alat bantu buatan
Yang dimaksud dengan alat bantu bantuan adalah alat bantu untuk mencari daerah penangkapan suatu jenis ikan yang merupakan buatan dari manusia. Alat bantu itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu :
a. Rumpon
b. Lampu


Explanation :
Alam Ikan 1 : Hery Harifin, L dan Wijopriyono (1994) dalam Yusuf (2000)
Alam Ikan 2 : Yusuf, 2000

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula. 
Semoga Bermanfaat
 
 
Credit:Sumber

No comments:

Post a Comment